Monday 15 May 2017

8 Startups Menarik Di Indonesia Pada Tahun 2017



Jika Anda bertanya kepada investor jenis startup apa yang kemungkinan akan meningkat tahun ini, mereka mungkin akan menyebutkan fintech, beberapa bentuk e-commerce,media, dan mungkin software-as-a-service.
Inilah daftar startups di kategori tersebut yang menurut saya akan kami dengar lebih banyak pada tahun ini.
Fintech
1. Investree
Berasal dari portofolio Mountain Kejora Ventures, Investree adalah pemain baru yang menarik dalam layanan keuangan. Fitur intinya adalah pembiayaan faktur. Usaha kecil terkadang harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk dibayar oleh klien untuk layanan atau produk yang sudah dikirim. Melalui Investree, mereka bisa mendapatkan jumlah yang terutang kepada mereka terlebih dahulu, yang memungkinkan mereka untuk berencana lebih baik. Begitu pembayaran klien berhasil masuk, pemberi pinjaman mendapatkan uangnya kembali dengan bunga, tentu saja.

Startup yang telah menghabiskan sekitar US $ 4,5 juta pinjaman sejauh ini, adalah pasar pinjaman peer-to-peer dimana pemberi pinjaman pihak ketiga memberikan uang tunai dan mendapatkan bunga sebagai imbalan. Investree juga melihat pinjaman karyawan, di mana pemberi pinjaman dapat membantu karyawan perusahaan mitra Investree untuk membiayai pengeluaran khusus seperti perawatan medis, renovasi rumah, atau pembelian sepeda motor.
Pendiri, Aida Sutanto, Adrian Gunadi, Andi Andries, dan Dickie Widjaja adalah tim berpengalaman dan mereka masing-masing memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidang perbankan dan keuangan. Kontribusi Investree yang terakhir diumumkan adalah seri A dari Gunung Kejora pada bulan Juni 2016.
2. UangTeman
UangTeman juga merupakan startup pinjaman, namun berbeda dengan Investree karena tidak mengundang kreditur pihak ketiga ke platform. Sebaliknya, ia memberikan uangnya sendiri kepada peminjam - pinjaman sangat kecil yang dimaksudkan untuk membantu orang melalui peregangan yang sangat ketat, misalnya menjelang akhir bulan.Jenis pinjaman ini juga dikenal sebagai pinjaman gaji.

UangTeman telah dikritik karena mengambil suku bunga tinggi dan biaya keterlambatan. Pendiri dan CEO Aidil Zulkifli berpendapat bahwa apa yang paling diinginkan oleh pelanggan adalah transparansi dan akses pinjaman yang cepat dan sederhana. Startup yang telah menghasilkan sekitar US $ 2,4 juta pinjaman, mengklaim bahwa tingkat kegagalannya sangat rendah, di bawah 3 persen, dan bahwa sebagian besar peminjam dapat melunasi hutang mereka tepat waktu tanpa terkena denda.
UangTeman mengangkat reksa dana pra-seri A dalam pembiayaan ekuitas di samping hutang sebesar US $ 735.000 pada bulan September tahun lalu. Bisa jadi calon babak baru tahun ini. Alpha JWC termasuk di antara para investornya.
3. CekAja
CekAja, yang didirikan pada tahun 2013, adalah dinosaurus di kalangan pemula fintek kebanyakan yang masih sangat muda.
Modelnya bisa digambarkan sebagai e-commerce finansial. Yang membawa orang-orang untuk mendapat informasi tentang semua jenis produk keuangan seperti kartu kredit, atau asuransi. Pembaca dapat melihat dan membandingkan penawaran dari berbagai penyedia dan kemudian membeli hak penawaran melalui CekAja. Ini berbeda dengan situs perbandingan lainnya, kata co-founder JP Ellis, yang biasanya mengirim pelanggan mereka ke mitra mereka sebagai lead, tanpa menjualnya secara langsung.
CekAja mengangkat putaran seri B yang dipimpin oleh Telstra Ventures , sebuah lengan telco Australia, pada bulan September tahun lalu - perusahaan pertama yang melakukannya di Asia Tenggara. Perusahaan ini juga beroperasi di Filipina dengan nama eCompareMo.
Mountain Kejora Ventures dan Monk's Hill Ventures termasuk di antara para investornya.
E-Commerce
E-Commerce umumnya sulit dilakukan saat ini, karena perusahaan besar telah menolak klaim mereka. Tapi untuk niche area perbelanjaan dengan khalayak yang canggih masih ada potensi, investor pun meyakininya.
4. Sociolla
Kosmetik adalah produk utama mereka. Pembeli cukup spesifik tentang merek yang mereka sukai dan bersedia mengeluarkan jumlah yang signifikan. Sociolla di Indonesia adalah kandidat yang sudah melakukannya dengan baik di lapangan. Sebuah startup serupa dari Singapura, Luxola, diakuisisi oleh barang mewah raksasa LVMH pada tahun 2015 . Luxola tidak pernah mendapat pijakan kuat di Indonesia. Jadi dengan penggalangan dana B baru-baru ini dari sebuah perusahaan besar Jepang, Sociolla berada dalam posisi yang baik untuk menaklukkan negara asalnya.
5. Fabelio
Fabelio sudah ada sejak tahun 2015 dan memiliki tempat unik dalam lanskap e-commerce di Indonesia. Ini adalah toko furnitur yang mendesain dan memproduksi sendiri sofa, meja, kursi, dan sebagainya yang sederhana namun elegan, dan menjualnya melalui situsnya sendiri. Startup ini menargetkan rumah tangga kelas menengah ke atas dan juga bekerja dengan klien korporat, seperti hotel dan restoran.
Mereka juga telah memoles desain dan proses produksi dalam beberapa tahun terakhir, dan sekarang bertujuan untuk membangun dirinya di kota-kota di luar wilayah metropolitan Jakarta. Ini adalah bisnis dengan ekonomi yang kuat, kata Stefan Jung dari Venturra Capital, yang memimpin seri Fabelio A pada bulan Januari tahun lalu. Mitra Investasi IMJ, 500 Startups, dan KK Fund juga masuk investor mereka.

6. Kumparan
Sebuah situs berita hibrida dengan elemen media sosial, Kumparan adalah peserta baru dalam lanskap media digital Indonesia.
Ini agak mirip Medium dalam artian rumah itu dikuratori, konten editorial, tapi juga memungkinkan masyarakat membuat posnya sendiri dan berinteraksi satu sama lain.Kumparan menuju online beberapa bulan yang lalu. Lalu lintasnya, meski tidak masif, terus berkembang. Alasannya termasuk dalam daftar ini adalah didukung oleh tim pendiri dengan tim high-profile : sekelompok jurnalis berpengalaman, terkenal karena membangun portal berita Detik pada tahun 1998. Detik berubah menjadi salah satu properti online paling berharga di Indonesia, dijual kepada Para Group pada tahun 2011 dengan nilai US $ 60 juta, merupakan jalan keluar yang sangat besar pada saat itu. Apapun hal itu, Kumparan yang berkembang pada tahun ini akan menarik untuk ditonton.

Software-as-a-service
Jumlah startups dengan model bisnis software-as-a-service (Saas) berkembang pesat di Indonesia. Banyak dari mereka menargetkan jutaan usaha kecil dan menengah di negara ini, misalnya dengan alat online untuk akuntansi atau manajemen sumber daya manusia.
7. Jurnal
Jurnal termasuk dalam kategori perangkat lunak akuntansi, dengan fitur seperti faktur, pelaporan, dan manajemen aset. Setelah serangkaian putaran A Februari lalu yang dipimpin oleh East Ventures, ia berencana untuk memperluas ke kota-kota seperti Bandung, Medan, dan Surabaya tahun ini.
8. Sleekr
Setelah mengakuisisi startup lain yang mengkhususkan diri pada perangkat lunak akuntansi akhir tahun lalu, Sleekr sekarang menawarkan pengelolaan sumber daya manusia dan alat akuntansi. Perusahaan sejauh ini hanya mengungkapkan investasi awal sebesar US $ 35.000 pada tahun 2014, dengan uang yang diberikan dari tiga kantong pendiri sendiri.Lalu lintas ke situsnya terus meningkat dan perusahaan memiliki sembilan lowongan pekerjaan terbuka, jadi sepertinya sudah kuat pada tahun ini.

1 komentar:

Yang penting sopan, dan jangan nyampah, ditunggu kunjungan berikutnya yah :)