Tuesday 24 January 2017

Start Up Keren dari Indonesia



Para pengusaha muda yang menggeluti bisnis di bidang teknologi atau teknopreneur sedang marak merintis starup. Bisnia rintisan mulai berkembang di Indonesia sejak awal tahun 2000, dan para perintis statrup didominasi kaum muda.
Banyak kawula muda Indonesia yang merintis startup dan mendapat respon positif dari pengguna internet. Ada beberapa startup yang sangat populer.
Kaskus, didirikan pada 6 November 1999 oleh tiga pemuda yang sedang melanjutkan studi di Seattle, USA yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Darmawan. Kaskus (singkatan dari Kasak Kusuk) awalnya hanya komunitas kecil berdasarkan hobi yang sekarang berkembang menjadi forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 di Indonesia, dan memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar. Jumlah kunjungan rata-rata Kaskus sedikitnya 900 ribu pengunjung, dengan jumlah page view lebih dari 15 juta per hari. Menurut Alexa.com, Kaskus menduduki peringkat 285 dunia sebagai situs yang paling banyak dikunjungi dan peringkat 7 di Indonesia.
Indowebster (disingkat IDWS) didirikan Juny Maimun atau biasa dipanggil Acong pada 15 April 2007. Situs ini didirikan dengan tujuan sebagai situs hosting dan sharing file, yaitu sarana berbagi file-file videos, games, images, music, e-book, software, mobile apps dan lain-lain. IDWS bisa dikatakan sebagai perpaduan antara RapidShare, ImageShack, dan Youtube. Sampai saat ini, Indowebster memiliki lebih dari 1,2 juta pengguna terdaftar dengan jumlah dokumen lebih dari 1,2 juta dan kapasitas penyimpanan mencapai 130 terrabyte. Menurut Alexa.com IDWS menduduki peringkat 37 di Indonesia dan 3.511 di dunia sebagai situs yang paling sering dikunjungi.
BukaLapak, diluncurkan secara resmi dengan status perusahaan terbatas pada September 2011. Bukalapak.com kini telah berkembang menjadi salah satu situs online marketplace terkemuka di Indonesia. Bukalapak, yang didirikan oleh Achmad Zaky, menyediakan sarana bagi penjual dan konsumen untuk bertranksaksi secara online dengan model bisnis consumer to consumer. Barang-barang yang dijual di Bukalapak sangat beragam mulai dari fashion, elektronik, gadget, perlengkapan rumah tangga, sepeda, dan lain-lain baik baru maupun bekas. Sampai saat ini jumlah penggunanya mencapai 1 juta dengan jumlah produk yang dijual lebih dari 400 ribu produk dan rata-rata dikunjungi oleh 350 ribu pengunjung setiap harinya.

0 komentar:

Post a Comment

Yang penting sopan, dan jangan nyampah, ditunggu kunjungan berikutnya yah :)