Wednesday 7 June 2017

WiFi Windows 10 Error

Bagi kamu yang ingin tahu cara mengatasi problem Wifi pada Windows 10. Kita akan mengulas bersama terkait dengan masalah pada sambungan Wifi di Windows 10 yang umumnya sering terjadi ketika upgrade Windows 10. Seperti koneksi Wifi yang tidak bisa menyambung ke internet, password Wi-Fi yang dianggap salah meski sudah diisi dengan benar atau mungkin Wi-Fi yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya setelah PC dihidupkan.
Untuk itulah, cara mengatasi Wifi error di Windows 10 ini memang sangat dibutuhkan. Tak hanya itu saja, dari sekian masalah tersebut, terkadang juga ada satu yang umumnya dijumpai di hampir semua pengguna Windows 10 setelah update, yaitu problem pada Wireless Driver (WiFi) yang tidak terdeteksi. Tentu saja, hal tersebut membuat aktivitas pengguna di dunia maya akan terganggu. Maka dari itu, bagi kamu yang menemui masalah tersebut maka sangat diperlukan sebuah langkah konkrit untuk mengatasi problem Wifi pada Windows 10 tersebut. Bagaimana ya caranya?
Sebenarnya, mengatasi problem Wifi pada Windows 10 itu tak sesulit yang dibayangkan. Pasalnya, jika kita telisik lebih dalam, untuk mencari tahu solusi problem yang sering muncul pada koneksi Wifi di Windows 10 bisa kita deteksi atau ketahui dengan melihat beberapa masalah yang muncul. Sebagaimana yang sudah kita sampaikan di paragraf awal tadi, beberapa problem tersebut biasanya muncul pada saat Windows 10 melakukan update.
Di mana, upgrade pada Windows 10 ini ada yang berjalan lancar namun tidak sedikit pula ada beberapa update yang menimbulkan masalah baru pada saat proses instalasinya selesai, terutama pada kesesuaian hardware perangkat komputer/laptop.
Sehingga, solusi mengatasi Wifi error di Windows 10 ini menjadi hal mutlak yang harus kita ketahui dan terapkan. Namun, sebelumnya kita akan menjelaskan beberapa masalah koneksi Wifi pada Windows 10 agar kita tahu cara mengatasi dari setiap problem tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama-sama ulasan lengkap mengenai mengatasi problem Wifi pada Windows 10 di bawah ini :
Masalah yang Sering Terjadi pada Koneksi Wifi Windows 10
Sebelum kita mengulas lebih lanjut mengenai cara mengatasi problem Wifi pada Windows 10, kita akan mulai dengan mengetahui beberapa masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10. Di antaranya yakni :
1. Tak terbacanya Driver Wifi pada Windows 10 menjadi salah satu penyebab atau masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10. Umumnya, problem ini bisa kita deteksi dengan tidak adanya logo WiFi yang tampil pada tray icon network yang terletak sudut kanan taskbar.
2. Selain itu, terkadang juga masalah yang terjadi pada koneksi Wifi Windows 10 ini pada saat menginstal update build/patch. Padahal, sebelum update dilakukan, koneksi Wifi lancar-lancar saja.
3. Meski Driver Wireless Network Adapter sudah dicek dan dipastikan terdeteksi dengan benar namun tetap saja icon Wifi yang terletak pada tray icon di sudut kanan taskbar tak muncul. Tentu, hal ini menjadi salah satu dari beberapa masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10.
4. Tak hanya itu saja, koneksi internet yang putus nyambung-putus nyambung juga merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10. Sehingga membuat aktivitas pengguna di dunia maya pun sangat terganggu. Hal ini juga sering dialami beberapa pengguna setelah melakukan upgrade atau pembaruan Windows 10.
Menilik dari sekian masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10 tersebut, tentunya tak lepas dari yang namanya Driver Wifi atau Driver Wireless Network Adapter. Maka dari itu, untuk mengatasi problem tersebut, pastinya kita akan fokus pada perbaikan dari driver itu sendiri mengingat hal ini yang sering terjadi dan tak jarang dialami oleh beberapa pengguna. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi problem Wifi pada Windows 10 di bawah ini :
Cara Mengatasi Wifi Error di Windows 10
Usai kita tahu beberapa permasalahan dan penyebabnya maka pada segmen kali ini saatnya untuk berbagi info mengenai cara mengatasi problem Wifi pada Windows 10. Berikut penjelasannya :
1. Pertama, untuk mengatasi Wifi error pada Windows 10 ini bisa kita atasi dengan mengatur fitur Wifi Sense. Untuk langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu kamu tinggal masuk pada menu Setting > Network & Internet > WI-Fi > Manage Wifi Settings. Jika sudah maka matikan menu Connect to Suggest Open Hotspots dan menu Connect to Networks Shared by My Contacts dengan mengklik icon Off yang terletak di atas Wifi Sens. Lalu, sambungkan kembali Wifinya ke WIFI router atau melalui Wifi Hotspot. Di sisi lain, sebelum kita menerapkan cara tersebut maka sebaiknya sambungkan PC atau laptop ke sambungan internet dengan menggunakan USB Theatering melalui sebuah smartphone. Kamu bisa juga menggunakan kabel LAN untuk menyambungkan ke Wifi Router.
2. Selain cara di atas, mengatasi problem Wifi pada Windows 10 juga bisa dilakukan dengan mengecek Windows Update. Hal ini merupakan salah satu solusi umum yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk caranya yaitu masuk pada update drivers di bagian Settings > Update & Security > Windows Update > kemudian klik kotak menu bertuliskan Check for Update lalu tunggu sampai pada notifikasi pembaruan, apakah sudah up to date atau belum. Perlu diketahui bahwa pembaruan sistem atau upgrade tersebut selain memperbaiki kinerja Windows 10 juga akan membantu mengatasi “bug” atau masalah pada laptop/PC, termasuk problem koneksi Wifi.
3. Mengunjungi situs resmi produsen dari PC atau laptop atau situs Microsoft pada Windows juga menjadi salah satu langkah terbaik guna mengatasi Wifi di Windows 10. Langkah ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik mengingat pada umumnya, situs tersebut sudah menyediakan Tool (aplikasi) untuk menganalisa masalah pada laptop/PC. Gunakan tool tersebut. Kemudian download driver yang disarankan oleh tool tersebut.
4. Bagi yang komputer desktopnya menggunakan wi-fi card maka bisa dilihat nama produsen chip komponennya. Dalam hal ini, manfaatkan fitur Device manager untuk melihat nama chip wi-fi card yang digunakan. Umumnya chip tersebut dibuat oleh Intel, Realtek, Qualcomm atau Broadcom.
5. Mengatasi problem Wifi pada Windows 10 juga bisa kamu lakukan dengan cara mengecek VPN Software. Di mana kali ini, bagi kamu yang sebelumnya menggunakan fitur ini maka sangat dimungkinkan hal ini jadi penyebab dari timbulnya masalah pada koneksi Wifi kamu setelah upgrade ke Windows 10. Jika memang demikian maka segera kunjungi situs dukungan Microsoft Windows 10, kemudian download tool troubleshooter secara otomatis.
Menilik dari beberapa langkah-langkah dalam mengatasi Wifi error di Windows 10 di atas, tampaknya dirasa cukup mudah hanya dengan mendeteksi dulu masalah yang apa yang dialami. Mengingat, setiap problem pada Wifi di Windows 10 memiliki masalah berbeda dan cara penanganan yang berbeda pula.
Maka dari itu, dengan kita tahu beberapa masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10 yang telah dijelaskan di awal pun akan sangat membantu kamu untuk mengatasi problem Wifi pada Windows 10. Nah, demikian informasi yang dapat di sampaikan untuk kamu semua. Semoga bermanfaat dan berguna.

0 komentar:

Post a Comment

Yang penting sopan, dan jangan nyampah, ditunggu kunjungan berikutnya yah :)